Cara Lengkap Membuat Akun BPJS 2023


    Kesehatan adalah anugrah yang harus kita jaga tapi tidak bisa di elakan lagi jika kita mengalami sakit secara tiba-tiba entah itu karena faktor usia, lingkungan atau yang lain nya maka dari itu bagi kita harus mempersiapkan diri ketika hal itu terjadi karena tidak ada yang tahu kapan sakit menghampiri kita dia tidak mengenal saat kita ada uang ataupun tidak, untungnya di negara kita ada program yang menjamin biaya berobat kita apalagi kalau bukan BPJS nah berikut ini adalah cara bagaimana membuat akun bpjs silahkan disimak ya sobat.

    cara membuat akun bpjs 2023
    BPJS



    Cara membuat akun BPJS 

    Untuk membuat akun BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

    1. Kunjungi situs web BPJS Kesehatan di https://daf.bpjs-kesehatan.go.id/
    2. Klik tombol "DAFTAR" di bagian atas halaman.
    3. Pilih "DAFTAR BPJS KESEHATAN" dan klik tombol "DAFTAR" di bawahnya.
    4. Isi formulir pendaftaran yang muncul dengan informasi yang benar dan lengkap. Pastikan untuk mengisi alamat email yang aktif dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
    5. Klik tombol "DAFTAR" di bawah formulir pendaftaran.
    6. Anda akan menerima email konfirmasi pendaftaran di alamat email yang Anda masukkan. Buka email tersebut dan klik tautan yang disertakan untuk mengaktifkan akun BPJS Anda.
    7. Setelah akun Anda diaktifkan, Anda dapat masuk ke situs web BPJS dengan menggunakan email dan password yang telah Anda buat.
    Sebagai catatan, pastikan untuk menyimpan informasi login Anda dengan aman agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

    Cara membuat akun BPJS di Android

    Untuk membuat akun BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) di ponsel Android, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka Play Store di ponsel Android Anda dan cari aplikasi "BPJS Kesehatan" dengan menggunakan kolom pencarian.
    2. Setelah menemukan aplikasi yang sesuai, klik tombol "INSTALL" untuk menginstal aplikasi tersebut di ponsel Anda.
    3. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi "BPJS Kesehatan" dari menu aplikasi ponsel Anda.
    4. Klik tombol "DAFTAR" di bagian atas halaman.
    5. Isi formulir pendaftaran yang muncul dengan informasi yang benar dan lengkap. Pastikan untuk mengisi alamat email yang aktif dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
    6. Klik tombol "DAFTAR" di bawah formulir pendaftaran.
    7. Anda akan menerima email konfirmasi pendaftaran di alamat email yang Anda masukkan. Buka email tersebut dan klik tautan yang disertakan untuk mengaktifkan akun BPJS Anda.
    8. Setelah akun Anda diaktifkan, Anda dapat masuk ke aplikasi "BPJS Kesehatan" dengan menggunakan email dan password yang telah Anda buat.
    Sebagai catatan, pastikan untuk menyimpan informasi login Anda dengan aman agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

    Perbedaan BPJS & BPJS ketenaga kerjaan

    BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah lembaga yang menyelenggarakan jaminan sosial di Indonesia, yang terdiri dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenaga kerjaan.

    BPJS Kesehatan adalah lembaga yang menyelenggarakan jaminan kesehatan di Indonesia. Jaminan kesehatan ini berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi syarat dan terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

    BPJS ketenaga kerjaan adalah lembaga yang menyelenggarakan jaminan ketenagakerjaan di Indonesia. Jaminan ketenagakerjaan ini berlaku untuk seluruh tenaga kerja Indonesia yang bekerja di perusahaan atau instansi yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS ketenaga kerjaan.

    Perbedaan utama antara BPJS Kesehatan dan BPJS ketenaga kerjaan adalah objek jaminannya. BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan, sementara BPJS ketenaga kerjaan memberikan jaminan ketenagakerjaan. Jaminan ketenagakerjaan meliputi asuransi tenaga kerja, asuransi kecelakaan kerja, dan asuransi harapan hidup (pensiun).
    Advertisement