Ternyata ini 10 manfaat air mawar


     Apa itu air mawar? Air mawar dibuat dengan menyuling kelopak mawar dengan uap. Air mawar harum, dan kadang-kadang digunakan sebagai wewangian alami ringan sebagai alternatif parfum yang mengandung bahan kimia. Air mawar telah digunakan selama ribuan tahun, termasuk pada Abad Pertengahan. Diperkirakan berasal dari tempat yang sekarang disebut Iran. Ini telah digunakan secara tradisional di kedua produk kecantikan dan produk makanan dan minuman. Itu juga dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk yang berikut ini.

    Ternyata ini 10 manfaat air mawar


    1. Membantu menenangkan iritasi kulit 

     Salah satu manfaat terbesar dari air mawar adalah sifat anti-inflamasinya yang kuat. Sifat-sifat ini dapat membantu mengobati berbagai penyakit, baik internal maupun eksternal. Bahkan dapat membantu menenangkan iritasi dari eksim atau rosacea. 

    2. Meredakan sakit tenggorokan

     Dokter sering meresepkan antibiotik untuk sakit tenggorokan, tetapi Anda mungkin ingin mencoba air mawar juga. Air mawar secara tradisional telah digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Sementara penelitian diperlukan untuk membuktikan keefektifannya, ada bukti anekdot yang kuat untuk mendukungnya dan risiko yang sangat kecil dalam mencobanya.

    3. Mengurangi kemerahan pada kulit 

     Air mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun, jadi tidak heran jika air mawar dapat memperbaiki warna kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit. Sifat antibakteri dapat membantu mengurangi jerawat. Sifat anti-inflamasi dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

    4. Membantu mencegah dan mengobati infeksi

     Air mawar memiliki sifat antiseptik yang kuat, yang dapat mencegah dan mengobati infeksi. Karena itu, air mawar sering dimasukkan dalam berbagai pengobatan alami dan obat-obatan. Satu studi bahkan menemukan bahwa ketika air mawar digunakan dalam obat tetes mata untuk mengobati kasus konjungtivitis, sifat antiseptik dan analgesiknya membantu dalam mengobati penyakit mata. 

    5. Mengandung antioksidan

     Kelopak bunga mawar dan minyak mawar mengandung sejumlah antioksidan kuat, yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. Satu studi menemukan bahwa antioksidan ini memiliki potensi efek penghambatan peroksidasi lipid. Ini memberikan perlindungan sel yang kuat sebagai hasilnya.

    6. Menyembuhkan luka, bekas luka, dan luka bakar

     Air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu luka lebih cepat sembuh. Sifat-sifat ini dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi pada luka dan luka bakar. Mereka juga dapat membantu luka, luka bakar, dan bahkan bekas luka sembuh lebih cepat. 

    7. Meningkatkan mood

     Air mawar memiliki sifat antidepresan dan antikecemasan yang kuat. Sebuah studi 2011 menemukan bahwa ekstrak kelopak mawar dapat mengendurkan sistem saraf pusat pada tikus. Hal ini mengakibatkan efek antidepresan dan antianxiety.

    8. Meredakan sakit kepala

     Air mawar dan minyak esensial mawar biasanya digunakan dalam aromaterapi untuk membantu meredakan sakit kepala. Ini mungkin karena efek penghilang stres yang dibahas di bagian di atas. Satu studi menemukan bahwa uap air mawar dapat menenangkan sakit kepala. Pilihan lainnya adalah dengan mengoleskan kompres yang direndam dalam air mawar ke kepala selama 45 menit untuk hasil yang positif.

    9. Memiliki sifat anti penuaan

     Air mawar sering ditemukan pada produk kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan. Itu karena mungkin sebenarnya memiliki efek anti-penuaan. Selain menenangkan kulit yang teriritasi, ini dapat mengurangi munculnya kerutan saat dioleskan. 

    10. Menenangkan masalah pencernaan

     Dalam pengobatan tradisional, air mawar telah digunakan untuk membantu pencernaan dan mengurangi gangguan pencernaan. Menurut sebuah studi tahun 2008, ada beberapa bukti bahwa air mawar dapat secara positif mempengaruhi pencernaan dan meredakan gangguan pencernaan. Ini juga dapat meningkatkan sekresi empedu, yang selanjutnya dapat membantu pencernaan. 

    Bentuk dan Dosis 

    Anda dapat membeli atau membuat air mawar dengan relatif mudah. Anda dapat mengoleskannya ke kulit sendiri, atau mencampurnya dengan pelembab atau minyak alami seperti minyak kelapa. Anda juga bisa menggunakan air mawar untuk membuat teh air mawar atau teh kelopak mawar. Ini meningkatkan hidrasi, memberikan manfaat kulit, mengobati gangguan pencernaan, dan menenangkan sakit tenggorokan. 

    Potensi risiko 

    Air mawar dianggap aman. Tidak ada risiko yang diketahui bagi populasi umum untuk menggunakannya baik secara topikal atau dengan menelannya. Satu-satunya pengecualian adalah jika Anda alergi terhadap zat tersebut. Cara menggunakannya Anda bisa membeli air mawar, atau Anda bisa membuatnya sendiri. Setelah Anda memilikinya, ada beberapa cara berbeda untuk menggunakannya, di antaranya sebagai berikut: Gunakan sebagai pembersih wajah atau toner. Cukup bilas wajah Anda dengan air mawar setelah dicuci dengan pembersih biasa. Gunakan dalam resep, seperti es teh kembang sepatu dengan air mawar. Buat kabut air mawar dengan menambahkannya ke botol semprot. Ini bisa menghilangkan stres. Anda bisa menyemprotkan air mawar di pergelangan tangan, wajah, atau bahkan ke bantal.


    Advertisement