Beberapa Peluang Usaha Dikampung Yang Bisa Dilakukan


    Beberapa Peluang Usaha Dikampung Yang Bisa Dilakukan

    10 Peluang Usaha di Kampung,


    Menggali Potensi Ekonomi Pedesaan Assalamu’alaikum sobat kontak jodoh gratis, selamat datang kembali Tinggal di kampung atau pedesaan memiliki keindahannya tersendiri, mulai dari lingkungan yang hijau, udaranya yang segar, makanan-makanan yang masih alami, penduduk yang ramah dan begitu banyak kelibihan lainnya yang tidak bisa Anda dapatkan dikota.

    Namun hari ini kebanyakan anak muda merantau meninggalkan kampung halaman untuk bersekolah dan mencari uang.Sangat sedikit anak muda yang tergerak untuk memajukan perekonomian pedesaan.
    Rata-rata mereka lebih memilih meninggalkan kampung.

    Mereka beranggapan menjadi pekerja atau membuka bisnis di kampung itu tidak memiliki prospek, padahal mereka salah besar !

    Jadi berikut 10 potensi bisnis yang bisa dimaksimalkan di kampung atau pedesaan.

    Bagi Anda yang baru disini, agar tidak ketinggalan update terbaru kami.

    No 1. Menjual produk UKM secara online yang bisa dijangkau semua orang

    Produk kreatif UKM lokal sedang memiliki perhatian yang serius oleh pemerintah. Karena produk UKM sangat membantu negara bersaing dalam pasar bebas.Jika Anda jeli melihat peluang, Anda bisa mengembangkan produk-produk UMKM yang ada di daerah Anda.

    Misalnya; produk kerajinan tangan seperti batik tulis, Tas, sepatu, produk rajutan dan masih banyak lainnya.
    Anda bisa mulai dengan membuat merek serta kemasan yang menarik serta memasarkan produk UKM tersebut dengan cara online, sehingga produk Anda bisa di jangkau oleh orang-orang tanpa batas, bahkan di seluruh dunia.

    Lakukan promosi dengan cara-cara kekinian, misalnya menggunakan media online seperti media sosial,
    instagram atau dengan Marketplace seperti Etsy, Yubimall, bukalapak, tokopedia dll.

    Karena jika Anda hanya mengandalkan penjualan lokal yang ada di desa, potensi bisnis Anda akan kecil.
    Ini berbeda jika Anda menjangkau pasar online yang tanpa batas. Ini juga menjadi solusi salah satu permasalahan kita dimana para pengerajin yang kebanyakan orang tua tidak mengerti mengenai pemasaran online.

    Disinilah seorang pemuda harus mengambil perannya memanfaatkan teknologi yang lebih mereka kuasai.

    No 2. Memberdayakan Desa Wisata

    Bisnis pariwisata saat ini sangat menjanjikan, Anda bisa menjadikan peluang ini sebagai salah satu sumber bisnis di pedesaan. Anda bisa bekerjasama dengan pihak terkait seperti pemerintahan desa, pemuda desa, kementrian kehutanan, kementrian pertanian atau dinas terkait. Ada banyak tempat-tempat yang indah di Indonesia yang belum banyak dikenal orang serta membutuhkan perawatan serta pengembangan.

    Anda bisa menawarkan wisata alam, seperti panorama sawah, wisata air terju, wisata hutan lindung,
    tidak ada habisnya jika disebutkan satu persatu dengan melimpah ruahnya kekayaan alam yang kita miliki.

    Silahkan mencari potensi wisata apa yang ada di kampung Anda.Sumber pemasukan anda bisa peroleh dari pengunjung yang datang, menjual souvenir serta menyewakan peralatan-peralatan pembantu lainnya.

    Bisnis ini sangat menjanjikan, dengan memanfaatkan potensi alam pedesaan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari segi bisnis.Selain dari segi bisnis oriented, Anda bisa memberdayakan SDM pedesaan dan memanfaatkan lahan yang tadinya kurang produktif bahkan sering kali disebut angker menjadi lebih produktif dan bermanfaat.

    No 3. Usaha Pertanian Produk Organik

    Pertanian organik membutuhkan lahan yang sesuai dan konsisi lingkungan yang mendukung. Pedesaan adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan produk pertanian organik. Jika produk pertanian modern sudah memiliki banyak pesaing, maka produk pertanian organik masih sangat jarang dan memiliki potensi bisnis yang besar.

    Masyarakat dunia kini semakin mencari produk-produk pertanian organik karena lebih menyehatkan,
    meskipun dengan harga yang lebih mahal.

    Peminat produk organik semakin besar, ini adalah peluang bisnis yang masih sangat terbuka lebar. Namun yang perlu diperhatikan adalah jalur distribusinya, jika desa atau tempat Anda tidak terlalu jauh dari kota
    atau memiliki akses angkutan yang baik ke kota maka usaha ini sangat cocok untuk Anda.

    No 4. Usaha Peternakan Ayam kampung, Kambing atau Sapi

    Pedesaan identik dengan lingkungan yang masih asri, sejuk dan sepi. Kondisi ini sangat cocok untuk mengembangkan usaha peternakan.Umumnya usaha peternakan yang dilakukan oleh masyarakat pedesaan masih dilingkup rumah tangga, artinya hewan ternak yang dipelihara liar di lingkungan rumah.

    Anda bisa mulai membuat peternakan dengan skala yang lebih besar. Misalnya membuat kandang peternakan ayam, pembesaran kambing atau sapi.

    Peternakan di pedesaan sangat sesuai. Ini dikarenakan lingkungan desa yang masih alami dan sangat cocok untuk usaha ternak.

    Selain itu untuk makanannya dapat dengan mudah anda dapatkan karena tersedianya tanaman-tanaman yang masih melimpah. Daging ternak yang dihasilkan akan lebih berkualitas, misalnya daging ternak lebih rendah lemak, kesehatan ternak lebih terjaga sehingga risiko kerugian akan semakin kecil, dan ada begitu banyak kelebihan lainnya.


    No 5. Memaksimalkan Usaha Perikanan yang Ada

    Usaha perikanan juga sangat cocok di kampung yang memiliki pengairan yang terjaga. Anda bisa mulai memelihara ikan dengan membuat kolam-kolam ikan yang diairi dari sungai.Usaha perikanan cocok di desa dekat pegunungan yang airnya selalu mengalir.

    Anda bisa memelihara ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi seperti ikan guramih.Sebagi contohnya, anda bisa mencontoh Desa Nila di Desa Nganjat, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten atau Kampung Lele di Desa Tegalrejo, Kec. Sawit, Kab. Boyolali.

    Banyak sekali warganya yang memelihara ikan nila dan lele, baik pembesaran atau budidaya benih.Usaha budidaya perikanan saya rasa cocok dilakukan di desa karena lahan yang masih luas, lingkungan seperti air yang masih terjaga kealamiannya.


    No 6. Bisnis membuka toko kelontong dengan fokus produk lokal desa

    Membuka usaha toko kelontong dengan konsep toko modern juga merupakan ide yang bagus. Jika biasanya toko kelontong berkonsep apa adanya, Anda bisa membuat toko kelontong semenarik mungkin seperti minimarket yang ada dikota.

    Anda bisa mengisi produk di toko dengan produk-produk yang dihasilkan oleh petani lokal. Misalnya toko kelontong yang menyediakan beras, sayur-sayuran, bawang, cabai, tomat dan buah-buahan.
    Khusus produk yang tidak di hasilkan dari lokal, Anda bisa melengkapi produk seperti mi instan, bumbu, makanan ringan seperti snack dan jajanan. Anda bisa mencari distributor toko kelontong yang murah dan lengkap.


    No 7. Melatih Anak-anak Muda dan mengelola Keterampilan Mereka

    Jika kampung Anda memiliki sumber daya manusia yang besar, khususnya generasi muda yang belum diberdayakan maksimal, Anda bisa melatih mereka beberapa skill. Misalnya mengajari mereka menjadi desain, melatih menulis Artikel, melatih berjualan online dan lain sebagainya.

    Seperti halnya yang dilakukan oleh Mas Bayu Novi Darmawan, Beliau mendirikan kampung marketer, dimana memanfaatkan potensi anak-anak muda belajar menjadi seorang CS online, serta menjadi konten writer.

    Anda juga bisa fokkus mencarikan pekerjaan-pekerjaan freelance yang banyak bertebaran secara online
    seperti situs Upwork.com, dan freelancer.com

    situs tersebut menyediakan ratusan bahkan ribuan pekerjaan yang bisa Anda kerjakan dari rumah. Lalu Anda membuat sistem bagi anak-anak muda tersebut untuk mengerjakannya.


    No 8. Membuka jasa rias pengantin sekaligus mendesain konsepnya

    Seiring perkembangan teknologi informasi, kini masyarakat pedesaan mulai meniru kebiasaan masyarakat kota dalam berbagai hal.Salah satunya adalah konsep pesta pernikahan. Anda bisa masuk pada lini bisnis ini, yaitu dengan membuka jasa tata rias pengantin sekaligus paket alat dan fasilitas lainnya.

    Misalnya mencetak undangan, membuat mahar dll. Anda bisa mencari ide di internet, mengikuti pelatihan merias. Jika Anda tidak memiliki perlengkapan seperti perlengkapan pelaminan, tim fotografer dan lainnya, Anda bisa mengajak kerja sama orang lain yang memang memiliki fasilitas tersebut.

    Untuk mengurangi modal, Anda bisa mensyaratkan untuk melakukan pembayaran 50%, dan jadikan uang DP tersebut sebagai modal Anda untuk Even Organizer. dan jadikan uang DP tersebut sebagai modal Anda untuk Even Organizer.


    No 9. Membuka Usaha PERTAMINI

    Jika desa Anda jauh dari pom bensin milik Pertamina, Anda bisa memanfatkan peluang bisnis membuka POM bensin Mini, atau istilah populernya PERTAMINI.

    SPBU mini merupakan usaha bahan bakar minyak atau BBM eceran dan bukan resmi dikeluarkan oleh Pertamina.

    Langkah pertama berbisnis ini adalah menyiapkan lokasi usaha yang tepat. Misalnya berada di perempatan jalan yang ramai, berdekatan dengan pasar, stasiun, sekolah, dan lain-lain. Selanjutnya, membeli mesin pom bensin mini yang harganya murah dan berkualitas.

    Kelebihan usaha pertamini adalah risiko kerugian sangat kecil, sangat mudah dalam pengelolaan, dan cepat BEP atau balik modal. Mesin Pertamini juga mudah dibawa-bawa jika pindah lokasi. Jika di kampung Anda belum ada, maka saatnya Anda segera mengambil peluang ini.


    No 10. Membuka konter pulsa

    Bisnis berjualan pulsa bisa Anda lakukan di kampung. Kebutuhan pulsa elektrik kini sudah menjadi kebutuhan pokok hampir sebagian masyarakat baik di kota maupun di desa. Sekalipun untungnya tidak begitu besar untuk setiap item-nya, namun revenue Anda akan stabil selama ada pengguna handphone.

    Selain berjualan pulsa Anda juga bisa memulai jual beli Smartphone baru dan bekas, ini juga bisa menjadi salah satu pemasukan yang besar bagi Anda, mulailah menjual beberapa smartphone lalu secara perlahan meningkatkan jumlahnya.

    Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah aksesoris handphone seperti casing, powerbank. Trik dalam usaha konter pulsa adalah keuntungan terbesarnya diperoleh dari penjualan aksesoris, sementara untuk smartphone dijual murah. Karena jika orang sudah membeli handphone, besar kemungkinan akan dibarengi aksesoris.

    Advertisement