doa minum air zam zam yang perlu kamu ketahui !

doa minum air zam zam yang perlu kamu ketahui !

doa minum air zam zam yang perlu kamu ketahui !

Beberapa bulan yang lalu kita sudah melewati hari raya haji dimana mungkin ada sanak family sobat yang menjalankan ibadah haji di mekkah , Biasanya para jemaah haji yang baru pulang dari mekkah pasti membawa oleh oleh yang bernama Air zam zam.

Sobat disini tahu nggak kalau ada begitu banyak manfaat dari mengkonsumsi air zam zam ? Atau bahkan mungkin sobat belum tahu Apa itu air zam zam ?
Air zam zam adalah air yang dianggap sebagai air suci oleh umat Islam. Zamzam merupakan sumur mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah, berkedalaman 42 meter.

Banyak peziarah yang melakukan ibadah Haji dan Umrah yang berkunjung ke sumur Zamzam, dan sebagian membawa pulang air Zamzam sebagai oleh-oleh.
Menurut ulama, tidak masalah membawa air Zamzam ke kampung halamannya. Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah berkata, "Barangsiapa yang membawa sesuatu dari air Zamzam, sungguh ulama-ulama salaf (zaman dahulu) telah melakukannya (dan itu tidak masalah)

Lalu apa manfaat dari meminum air zam zam ?

Ada banyak sekali manfaat nya selain untuk menyegarkan tenggorokan kita silahkan dibaca dibawah ini.

Manfaat air zam zam

Berdasar pada hadist Nabi, air zam zam merupakan air yang mengenyangkan dan memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Jika berdoa sebelum meminumnya, maka InsyaAllah doa tersebut akan dikabulkan oleh-Nya.

Khasiat dari air zam zam

Khasiat air zam zam yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit juga dapat dibuktikan secara ilmiah. Secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa air zam zam memiliki kandungan zat fluorida yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Zat ini juga disebut dengan zat anti kuman.

Air zam zam menurut medis

Secara medis, air zam zam juga terbebas dari mikroorganisme yang dapat mengurangi kesegaran air zam zam. Hal ini bisa dilihat dari tidak adanya lumut yang tumbuh pada sumur zam zam. Selain itu air zam zam juga mengandung dua jenis mineral, yaitu kalsium dan magnesium. Dua jenis mineral ini memberikan kesegaran bagi orang yang meminumnya. Oleh karena itu jamaah haji yang kelelahan akan mendapatkan energi yang luar biasa setelah meminum air zam zam. Itulah berbagai manfaat air zam zam yang begitu luar biasa.

Keistimewaan dan Keajaiban Air Zam Zam

Meskipun ribuan tahun berlalu, sumur zam zam yang terletak di tanah Arab dengan gurun pasir yang kering secara terus menerus mengeluarkan air dan tidak pernah kering. Seperti namanya “Zam-zam” yang berarti melimpah ruah, sumur zam zam tidak pernah surut meskipun berjuta-juta liter airnya terus diambil oleh umat muslim yang berkunjung ke tanah suci maupun penduduk Arab itu sendiri.

Umat muslim menganggap air ini adalah air suci dan mengandung berkah. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya umat muslim yang berkunjung kesana merasakan energi yang sangat besar setelah meminum air zam zam.

Keistimewaan air zam zam juga telah dibuktikan oleh beberapa ilmuwan dunia. Dr Hamdi Saif dari Alexandria University menyimpulkan melalui penelitian Kimia dan Fisika yang dilakukannya terhadap air zam zam, air zam zam adalah air terbaik di permukaan bumi. Air zam zam memiliki keseimbangan elektrolit yang berkhasiat bagi kesehatan. Air zam zam juga sangat murni dan alami, serta terbebas dari mikroorganisme patogen. Menurut Dr Saif, air zam zam berkhasiat dalam pengobatan penyakit paru-paru dan ginjal, mengobati masalah migrain, penyakit mata, dan berbagai penyakit lainnya.

Selain itu ada juga seorang ilmuwan asal Jepang, yaitu Dr Masasro Imoto. Ia mengatakan bahwa air zam zam memiliki banyak keistimewaan yang tidak bisa ditemukan pada air lainnya. Teknik nano yang digunakan dalam penelitiannya tersebut tidak mampu mengubah karakteristiknya sedikitpun. Jika air biasa dicampur dengan setetes air zam zam, air tersebut akan mendapatkan keistimewaan dari air zam zam.

Berbagai keistimewaan tersebut membuat banyak ilmuwan tertarik untuk meneliti air zam zam. Bahkan air zam zam sudah sejak lama di analisis di banyak laboratorium di Arab dan juga Eropa. Dari penelitian tersebut membuktikan bahwa kandungan dalam air zam zam berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit dan memberikan nutrisi bagi tubuh. Hebatnya lagi tidak ada waktu kadaluarsa pada air zam zam.

Perbedaan lainnya adalah, jika pada sumur-sumur biasa ditumbuhi dengan lumut dan bakteri, sedangkan pada sumur zam zam lumut serta bakteri sama sekali tidak ditemukan keberadaannya.

Doa minum air zam zam 

5. DOA MINUM AIR ZAMZAM

A) Dari kitab al-Majmu 'An-Nawawi':

Ertinya: Ya Allah, telah sampai kepadaku, bahawa Rasulullah bersabda: "Air Zamzam ialah untuk apa ia diminum". Ya Allah, aku meminumnya supaya Engkau ampuni aku, maka ampunkanlah aku. (Atau sebutkan):
"Ya Allah, aku meminumnya bagi tujuan berubat dengannya akan penyakit...(sebut penyakit), Ya Allah, sembuhkanlah aku."

B) Dari kitab Tuhfah al-Muhtaj 'Ibnu Hajar':

Ertinya: Ya Allah, telah sampai kepadaku, bahawa Rasulullah bersabda: "Air Zamzam ialah untuk apa ia diminum". Ya Allah, aku meminumnya untuk ..... (sebutkan hajat/maksud). Ya Allah, perkenankanlah hajat/maksudku ini dengan limpah kurniaMu.

C) Dari kitab Asna al-Mathalib 'Abu Yahya Zakaria al-Anshari:

Ertinya: Ya Allah, telah sampai kepadaku, bahawa Rasulullah bersabda: "Air Zamzam ialah untuk apa ia diminum". Ya Allah, aku meminumnya untuk .... (sebutkan hajat/maksud). Ya Allah, perkenankanlah hajat/maksudku ini.

D) Sebelum ini telah disebutkan bahawa Ibnu Abbas r.a. apabila meminum air Zamzam membaca doa yang berbunyi:

Ertinya: 'Ya Allah, aku memohon kepadaMu akan ilmu yang bermanfaat, rezeki yang melimpah dan sembuh daripada segala penyakit.'
Ulama menyebutkan bahawa doa ini elok ditambah lagi dengan niat beroleh hati yang khusyuk dan mendapat zuriat yang baik-baik.
(Muhammad Jarullah 'al-Jami' al-Lathif')

Inti Kandungan Do'a minum air Zamzam.
1. Memohon ilmu yg bermanfaat
2. Memohon limpahan rizqi yg banyak
3. Dijaukan dari berbagai penyakit

Semua merupakan kunci kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Yaa Allaah limpahkanlah ilmu yg bermanfaat,rizqi yg banyak lagi halal dan berikanlah kesehatan kepada hamba, keluarga hamba dan shahabat hamba semua tanpa terkecuali....

Nama-nama lain air zam zam

Faidah-faidah Zamzam ini juga dikenal dalam nama-nama Arab berikut ini:


  1. Syaba'ah, artinya mengenyangkan. Setiap orang yang meminum ini pasti akan merasa kenyang.
  2. Murwiyah, artinya penyegar. Air ini sungguh menghilangkan dahaga bagi yang meminumnya.
  3. 'Afiyah, artinya sehat. Air Zamzam memang dikenal dapat menolak penyakit.
  4. Nafi'ah, artinya bermanfaat. Air Zamzam dikenal sangat bermanfaat, seperti menguatkan hati, atau menghilangkan ketakutan.
  5. Maimunah, artinya berkah. Berkah air ini sudah sangat dirasakan banyak orang.
  6. Barrah, artinya memiliki kebaikan. Air Zamzam ini sangat baik bagi yang meminumnya untuk memeroleh keberkahan.
  7. Madhmunah, artinya bagus. Karena, indahnya air Zamzam ini, maka Allah Melarang suatu kaum dari bangsa Arab yang tinggal di sekitar sumur ini untuk bermaksiat.
  8. Kafiyah, artinya mencukupi. Orang yang meminum ini akan merasa cukup atau puas saja.
  9. Syifa' saqamin, artinya menyembuhkan penyakit. Karena air ini dapat dijadikan obat penyakit bagi yang meminumnya.
  10. Mu'zhibah, artinya mencegah rasa dahaga. Rasanya antara manis atau tawar. Karena sifat inilah, air Zamzam punya fadhilah/keutamaan seperti ini. Hanya saja, setelah dibawa pulang ke Indonesia, rasanya sedikit berubah.
  11. Tha'amu Tha'min, artinya mengenyangkan. Orang yang meminum air Zamzam akan merasa kenyang.
  12. Hazmatu Jibril, artinya injakan tumit Malaikat Jibril. Sesuai dengan asal mulanya air Zamzam.
  13. Maghfurah, artinya pengampunan. Orang yang minum air Zamzam, akan diampunkan dosanya.
Itulah beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui tentang air zam zam semoga bermanfaat untuk kita semua jangan lupa untuk share postingan ini ya jika kamu rasa ini sangat bermanfaat ^_^
Advertisement


EmoticonEmoticon