Begini Cara Agar Tubuh Tetap Sehat Walau Sering Begadang !

Begadang

Begini Cara Agar Tubuh Tetap Sehat Walau Sering Begadang !

Hai Hallo Selamat siang sobat kontak jodoh gratis, selamat Weekend duh senengnya hahahahah pasti ntar malam sobat banyak yang begadang ne, nah pas banget ne siang ini saya akan membagikan Tips Kesehatan buat sobat semua, tips kali ini adalah bagaimana caranya kita bisa memiliki tubuh yang sehat walaupun sering banget begadang, tetapi sejatinya manusia itu memerlukan istirahat yang cukup apa lagi buat sobat yang seharir harinya melakukan aktifitas yang berat, itu wajib banget di istirahatkan tubuhnya agar stamina dan tenaganya ke Charge lagi hihiihhi kalau kata Bang H. Rhoma Begadang jangan begadang kalau tiada artinya begadang boleh saja Asal ada perlunya hahahahha oke langsung aja yuk kita lihat tipsnya dibawah ini ^_^.

Pertanyaan

Dok, pekerjaan saya mengharuskan saya untuk terus begadang. Apa efeknya jika begadang dilakukan terus-menerus? Lalu, bagaimana cara mudah untuk menjaga kesehatan bagi orang yang suka begadang?

Jawaban

Setiap orang memiliki irama tubuh atau ritme sirkadian yang berbeda-beda. Adanya ritme inilah yang umumnya menjadi indikator kebutuhan kita akan tidur, makan, ataupun berolahraga. Ritme sirkadian adalah waktu biologis tubuh untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan tubuh itu sendiri. Ritme sirkadian dipengaruhi pula oleh alam semesta dan kondisi lingkungan sekitar misal: saat malam hari, mata kita menerima sedikit cahaya sehingga otomatis produksi hormon melatonin meningkat dan kita jadi mengantuk, di samping memang tubuh butuh istirahat.

Begini Cara Agar Tubuh Tetap Sehat Walau Sering Begadang !
Pada saat Anda begadang, maka irama sirkadian akan ikut terpengaruh begitu pula dengan metabolisme dalam tubuh kita. Perubahan irama sirkadian dapat menyebabkan kekacauan metabolisme tubuh dan akhirnya tubuh pun menjadi terasa kurang fit. Selain itu, malam hari juga dianggap sebagai periode waktu yang potensial untuk terjadinya regenerasi sel.

Apabila Anda tidak dapat mengubah pola tidur Anda, maka setidaknya pastikan Anda memenuhi kecukupan kebutuhan akan tidur yakni 6-7 jam per hari. Lakukan olahraga rutin untuk mempertahankan kebugaran tubuh. Konsumsi cairan minimal 2 liter per hari. Perbanyak konsumsi serat yang berasal dari buah dan sayuran serta pastikan Anda mengonsumi gizi berimbang setiap kalinya.

Dijawab oleh dr. Nina Amelia Gunawan

merdeka.com
Advertisement


EmoticonEmoticon