Bulan Ramadhan Udah Tahu Tata Cara Mandi Junub / Mandi Wajib?

Tata Cara Mandi Junub Atau mandi wajib

Tata Cara Mandi Junub Atau mandi wajib - Dari Aisyah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya. Kemudian beliau berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat. Lalu beliau memasukkan jari-jarinya ke dalam air, lalu menggosokkannya ke kulit kepalanya, kemudian menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengguyurkan air ke seluruh badannya.”
📚 (HR. Bukhari : 248 dan Muslim : 316)

Baca juga : Pahala Terbesar di Bulan Puasa?
.
Dari Ibnu Abbas, bahwa Maimunah mengatakan, “Aku pernah menyediakan air mandi untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau menuangkan air pada kedua tangannya dan mencuci keduanya dua kali-dua kali atau tiga kali. Lalu beliau menuangkan air dengan tangan kanannya ke tangan kirinya, kemudian beliau mencuci kemaluannya. Setelah itu beliau menggosokkan tangannya ke tanah. Kemudian beliau berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung. Lalu beliau membasuh muka dan kedua tangannya. Kemudian beliau membasuh kepalanya tiga kali dan mengguyur seluruh badannya. Selanjutnya, beliau bergeser dari posisi semula lalu mencuci kedua kakinya (di tempat yang berbeda).”
📚 (HR. Bukhari : 265 dan Muslim : 317).

Simpulan dari hadits diatas, urutan tata cara mandi sebagai berikut:.

1⃣Menuangkan air dan Mencuci kedua tangan
.
2⃣Mengambil air dengan tangan kanan untuk mencuci kemaluan dengan tangan kiri. bisa dengan gayung
.
3⃣Menggosokkan tangan kiri ke tanah. bisa diganti dengan sabun.
.
4⃣Berkumur dan menghirup air ke dalam hidung, kemudian dilanjutkan dengan berwudhu, namun tidak sampai mencuci kaki.
.
5⃣Ketika mulai membasahi rambut, sela-selai pangkal rambut dan basahi dengan air. Sampai seluruh kepala dan rambut basah.

Baca juga : Tips Mencari dan Belanja Baju Lebaran Murah 2019
.
6⃣Siram kepala 3 kali, dilanjutkan dengan menyiram seluruh anggota badan.
.
7⃣Mengguyur air ke seluruh badan dengan mendahulukan yang kanan. Gosok dibagian tersembunyi dan pastikan semua badan basah.
.
8⃣Berpindah tempat, dan cuci kedua kaki. sela-selai jari kaki, cuci sampai seluruh kaki basah.

Baca juga : Pilihan Model Baju Lebaran yang lagi Trend 2019

Itulah tata cara mandi junub atau mandi wajib semoga bermanfaat ya sobat kontak jodoh gratis jangan lupa dishare terimakasih sudah mau mampir
Advertisement